SALATIGA – Sekretaris Daerah Kota Salatiga Drs. Fakruroji, Selasa (27/8) membuka acara Forum PPID & Admin PPID Kota Salatiga Tahun 2019 bertempat di Ruang Plumpungan Gedung Setda Kota Salatiga yang diikuti oleh para Sekretaris OPD dan Admin PPID.
Berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan publik, Sekda menggambarkan bahwa ASN itu seperti di dalam akuarium dimana penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilihat langsung oleh masyarakat sehingga masyarakat pun dapat menilai apakah pelayanan yang dilakukan sudah baik atau belum. Oleh karena itu membuka saluran bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan atas pelayanan pemerintah merupakan salah satu bagian dari upaya percepatan reformasi birokrasi menuju sasaran birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, serta birokrasi yang mempunyai kualitas pelayanan publik.
Saat ini Pemerintah membuka saluran bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan, kritik, saran dan masukan atas pelayanan publik yang dilakukan pemerintah dengan membuat aplikasi Lapor SP4N. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat melaporkan hal-hal berkaitan dengan pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah. Setiap laporan yang masuk akan diverifikasi dan diteruskan ke instansi berwenang untuk segera mendapatkan tanggapan. Lebih lanjut Sekda mengharapkan agar setiap OPD dapat segera menjawab setiap aduan yang diberikan oleh masyarakat.
Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kominfo Kota Salatiga Nasirudin juga mengingatkan kepada seluruh undangan utamanya Sekretaris OPD agar segera menugaskan Admin Web masing-masing untuk memasang link aplikasi lapor.go.id di website OPD. (dj)